Jasa Pengiriman Tower Crane

Selain Wheel Loader dan Drum Roller, Tower Crane merupakan alat berat yang sering digunakan dalam pekerjaan proyek konstruksi. Pembangunan-pembangunan konstruksi besar seperti pabrik, perkantoran, pelabuhan, dan kategori gedung-gedung bertingkat lainnya hampir pasti menggunakan alat berat yang satu ini.

Mengingat fungsinya yang cukup vital untuk konstruksi skala besar, Tower Crane memilki bagian-bagian dengan fungsi masing-masing. Meski begitu bagian-bagian tersebut mempunyai fungsi yang berkaitan satu sama lain.

Bagian-bagian dan Fungsi Alat Berat Tower Crane

Secara umum ada 3 bagian paling vital pada Tower Crane yaitu: Pondasi, Tiang/Standard Section, dan Unit Berputar. Berikut ini penjelasannya.

Pondasi

Bagian pondasi ini berfungsi sebagai penahan Tower Crane supaya tidak jatuh. Disamping itu pondasi juga bagian penting untuk meneruskan beban ke tanah yang paling keras. Di bagian ini kaki Tower Crane dibaut pada pondasi dari beton besar.

Tiang/Standard Section

Adapun tiang Tower Crane adalah bagian vertikal yang umumnya semakin bertambah tinggi (tergantung kebutuhan proyek konstruksi). Pada tiang tersebut masih dilengkapi tangga vertikal yang sudah dibagi per-section. Bagian ini kemudian digunakan oleh driver (operator) untuk memanjat ke atas.

Unit Berputar

Pada bagian unit berputar ini terdapat 3 bagian yaitu: Horizontal jib, Machinery jib, dan Operators cab.

Horizontal jib sering disebut hoisting jib (working jib). Ini merupakan bagian horizontal dari Tower Crane. Fungsinya sebagai pengangkat beban yang diangkut.

Machinery jib

Bagian unit berputar yang satu ini kadang juga disebut counter balance. Dari namanya kita bisa menebak bahwa dibagian inilah motor penggerak Tower Crane ditempatkan bersama alat elektronik maupun beton massif (besar).

Operators cab

Di bagian ini operator menjalankan tugasnya. Cab dilengkapi jendela besar supaya operator bisa memandang tanpa penghalang ke seluruh lokasi koonstruksi. Karena letaknya yang cukup tinggi maka cab biasanya dilengkapi AC dan fasilitas-fasilitas lain.

Beban Maksimal Tower Crane

Secara umum Tower Crane mempunyai spesifikasi seperti berikut ini:

Tinggi maksimum berdiri sendiri yaitu 80 meter (265 kaki). Biasanya bisa lebih tinggi jika alat ini digantungkan pada bangunan sehingga ketinggiannya juga bertambah seiring bangunan proyek yag semakin tinggi.

Tower Crane mempunyai jangkauan maksimum 70 meter (230 kaki) dengan daya angkut 18 metric ton (300 tonne-meter) dan Counterweight 20 ton.

Meskipun memiliki kapasitas angkut 18 ton namun Tower Crane tidak direkomendasikan mengangkat beban terlalu besar di ujung terjauh bagian jib-nya. Artinya semakin dekat posisi beban dengan tiang tower, maka semakin besar beban yang mampu diangkat dengan aman. Intinya pembebanan Tower Crane ini berprinsip pada 300 tonne-meter. Misalnya jika beban terletak sejauh 30 meter maka beban yang diperbolehkan hanya 10 ton. Jika beban terletak sejauh 50 meter, beban yang diperbolehkan hanya 6 ton.

Jasa Pengiriman Alat Berat Tower Crane

Ketika pembangunan gedung bertingkat semakin gencar dilakukan diberbagai daerah, maka kebutuhan alat berat Tower Crane juga bertambah. Lalu bagaimana cara mendistribusikan alat berat ini ke lokasi proyek konstruksi? Jawabannya hanya pada Cargonesia Express.

Cargonesia Express adalah jasa pengiriman alat berat terpercaya di Jakarta yang melayani pengiriman Tower Crane ke seluruh pelosok nusantara. Dengan fasilitas transportasi cargo darat dan cargo laut serta jadwal pengiriman yang ter-schedule, Cargonesia menjamin barang kiriman sampai lokasi proyek dengan selamat dan tepat waktu.

Bersama Cargonesia semua jenis pengiriman barang dapat dilakukan dengan mudah, cepat, profesional, dan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lengkap hubungi:

Bapak Ajat

Bapak Aziz

Butuh Bantuan? Kami Siap Membantu Anda

Untuk memulai chat silahkan klik !

Customer Service 2

Ajat

Online

Customer Service 1

Dirman

Online

Ajat

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Dirman

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00